Peer Review

Proses review pada jurnal ini menerapkan metode double-blind peer review, penulis maupun reviewer tidak mengetahui identitas masing-masing. Apabila naskah sudah lolos tahap desk review, editor akan menyerahkan naskahnya kepada dua orang reviewer yang ahli di bidang naskah yang diserahkan. Tugas reviewer adalah menilai orisinalitas, kejelasan penyajian, dan kontribusi terhadap bidang sosial, ekonomi, dan penyuluhan pertanian. Keputusan akhir penerimaan naskah semata-mata ditentukan oleh editor berdasarkan komentar reviewer. Biasanya, reviewer akan menyelesaikan proses review dalam waktu tiga minggu. Naskah yang tidak lolos proses desk review tidak akan dilanjutkan ke tahap ini dan akan ditolak. Naskah yang diserahkan diproses dalam waktu kurang lebih 12 minggu sejak penyerahan hingga publikasi. Proses peninjauan dilakukan sebagai berikut:

  1. Overview. Editor akan memeriksa naskah dengan kesesuaian template, serta focus, cek plagiasi maksimal 25%, dan ruang lingkup jurnal.
  2. Peer review. Editor akan mengirimkan naskah ke reviewer dengan peer review double-blind. Dalam proses peer-review ini. reviewer akan memberikan rekomendasi sebagai berikut: (1) diterima, jika naskah dapat diterima untuk diterbitkan; (2) diterima dengan setelah revisi, Naskah dapat diterima untuk diterbitkan setelah mengalami revisi sebagai tanggapan atas komentar reviewer dalam waktu 7-14 hari; dan (3) ditolak, jika naskah tidak dapat diterima untuk diterbitkan. Editor tidak langsung menerima naskahnya tetapi memerlukan revisi.
  3. Final decision. Editor mencermati revisi penulis sebelum memutuskan apakah naskah diterima atau ditolak. Naskah masih mungkin ditolak jika penulis tidak melakukan revisi sesuai komentar reviewer. Keputusan akhir penerimaan artikel diinformasikan kepada penulis oleh Editor Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan berdasarkan persetujuan reviewer.