RESPONS PETANI TERHADAP APLIKASI MIKROORGANISME LOKAL (MOL) BUAH-BUAHAN UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI KANGKUNG DARAT (Ipomea reptans)

Farmer response on application of fruits local microorganism (Mol) to increase production of Kangkung Darat (Ipomea reptans)

Authors

  • Saleh Saleh Ketahanan Pangan, Kota Makassar
  • Hermaya Rukka Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa
  • Kaharuddin Kaharuddin Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Keywords:

Respons petani, mikroorganisme lokal, kangkung darat

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mol buah-buahan terhadap produksi kangkung darat dan mengetahui respons petani terhadap aplikasi Mol buah-buahan pada kangkung darat. Penelitian dilaksanakan Maret sampai Mei 2014 di Kelurahan Barombong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penelitian teknis dilaksanakan dengan sistem demplot dengan ukuran petak 1,2 m x 2 m dengan 2 (dua) perlakuan, yaitu P1 (tanpa pemberian Mol buah-buahan) dan P2 (pemberian Mol buah-buahan), dan diulang sebanyak 3 (tiga) kali ulangan. Kegiatan penyuluhan dilakukan sebelum dan sesudah penelitian teknis dilaksanakan. Parameter pengamatan adalah: berat segar kangkung darat, respons petani terhadap aplikasi MOL dan efektivitas penyuluhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mol buah-buahan memberikan produksi kangkung darat yang lebih besar, yaitu 6.740 g dan berbeda nyata dengan tanpa pemberian Mol dengan berat 4.190 g. Perubahan pengetahuan responden dari kurang mengetahui menjadi sangat mengetahui, perubahan sikap dari ragu-ragu menjadi sangat setuju, dan perubahan keterampilan dari kurang terampil menjadi sangat terampil. Efektivitas penyuluhan yang dicapai adalah sebesar 44,34% dan kategori cukup efektif.

Downloads

Published

2020-10-06