EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGENAI PERSEPSI PETANI TERHADAP PEMASARAN TANAMAN PORANG (Amorphophallus oncophyllus) MELALUI DIGITAL MARKETING SYSTEM

The Effectivity of Extension about the Perception Of Farmers The Marketing Of Porang (Amorphophallus oncophyllus) Through Digital Marketing System

Authors

  • Rachmat Rachmat Polbangtan Gowa
  • Syaifuddin Syaifuddin Polbangtan Gowa
  • Pratiwi Hamzah Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
  • Alfiandi Rizki

DOI:

https://doi.org/10.52625/j-agr-sosekpenyuluhan.v19i1.263

Keywords:

digital marketing system, Persepsi, Tanaman Porang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penyuluhan tentang persepsi petani terhadap pemasaran tanaman porang melalui digital marketing system dalam hal ini pemanfaatan fitur Marketplace pada aplikasi Facebook. Selain itu identifikasi juga dilakukan terhadap hubungan karakteristik petani dengan persepsi yang didapatkan. Persepsi yang diangkat adalah kemudahan dalam mengamati peningkatan kebutuhan konsumen melalui pemasaran online dalam hal ini media sosial Facebook. Karakteristik yang diambil adalah umur. Kajian telah dilaksanakan dari bulan April sampai bulan Juni yang bertempat di Kelompok Pemuda Tani Lembang Bata, Kelurahan Gantarang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Sampel ditentukan dengan metode Purposive Sampling. Hasil kajiwidya yang didapatkan yaitu, tingkat persepsi petani dengan interpretasi baik dengan presentase 81,4% dengan hubungan karakteristik tidak nyata serta berarah negatif, dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan Petani di lokasi memiliki persepsi yang baik akan tetapi tidak memiliki hubungan nyata antara karakteristik pemuda tani dengan persepsi yang didapatkan. Berdasarkan kriteria penilaian yang telah dilakukan maka nilai efektivitas yang mampu dicapai setelah penyuluhan yaitu 62,10% dan termasuk dalam kriteria efektif.

Downloads

Published

2023-07-12