ANALISIS PEMASARAN BUAH JERUK BALI (Studi Kasus Petani Jeruk Bali di Desa Padang Lampe Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan)
MARKETING ANALYSIS OF BALI ORANGE (Bali Orange Growers Case Study in the village of Padang Lampe Ma'rang Pangkep District of South Sulawesi)
Keywords:
Pemasaran, jeruk bali, tingkat efesiensi, marginAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran jeruk bali dari produsen sampai ke konsumen, serta mengetahui tingkat efisiensi dan seberapa besar margin yang diterima produsen dan lembaga pemasaran di Desa Padanglampe Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini berlangsung bulan April sampai Juni 2013, di Desa Padang Lampe Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Teknik Penarikan sampel dilakukan dengan metode observasi yaitu pengamatan langsung dilokasi dengan mengambil sampel sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran pemasaran I yaitu dengan nilai EP 0,035 dibandingkan dengan saluran pemasaran II dengan nilai EP 0,1045.