PENGARUH FACEBOOK MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI PRODUK OLAHAN PETANI MILENIAL (STUDI KASUS PADA WILAYAH PROGRAM YESS)

The Influence Of Facebook Marketplace On Interest In Buying Processed Products Of Millennial Farmers (Case Study In The YESS Program Area)

Authors

  • Kisman Arsyad Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
  • Detia Tri Yunandar
  • Sunaryo Sunaryo
  • Nurhidayah Nurhidayah Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
  • Suardi Bakri Jurusan Agribisnis, Universitas Islam Makassar Al Ghazali

DOI:

https://doi.org/10.52625/j-agr-sosekpenyuluhan.v20i1.303

Keywords:

Facebook Marketplace, Minat Beli, Produk Olahan, Program YESS

Abstract

 Belanja online menjadi alternatif belanja yang saat ini sangat digemari masyarakat. Belanja online kini tak terbatas barang tersier bahkan kebutuhan primerpun sudah dapat dijangkau menggunakan platform belanja online. Penelitian ini mengeksplorasi fenomena belanja online di Indonesia, dengan fokus pada penggunaan Facebook Marketplace oleh petani milenial untuk menjual produk olahan mereka. Dengan lebih dari 3,2 miliar pengguna media online di seluruh dunia, dan 50,7% pengguna internet di Indonesia sering mengunjungi Facebook, platform ini menjadi alat yang efektif untuk memasarkan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis pengaruh Facebook Marketplace terhadap minat beli produk olahan petani milenial. Data dikumpulkan dari 209 responden di empat kabupaten selama tiga bulan dan dianalisis menggunakan regresi linier. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kurangnya sistem pembayaran terintegrasi dan penulisan harga yang tidak akurat oleh penjual. Meski demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook Marketplace memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk olahan petani milenial. Hal ini didukung oleh tanggapan positif dari responden tentang pengalaman berbelanja mereka di Facebook Marketplace. Penelitian ini juga menemukan bahwa jika Facebook Marketplace meningkat dalam hal pengalaman berbelanja, ini dapat meningkatkan minat beli produk olahan petani milenial. Kesimpulan ini mendukung hipotesis bahwa peningkatan pengalaman berbelanja di Facebook Marketplace dapat memiliki dampak besar pada minat beli produk olahan petani milenial.

Downloads

Published

2024-06-03