ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MASYARAKAT TERHADAP PEMILIHAN HEWAN KURBAN
Analysis of Factors That Affect Public Interest in the Selection of Sacrificial Animals
DOI:
https://doi.org/10.52625/j-agr-sosekpenyuluhan.v20i1.323Keywords:
Minat Masyarakat, Hewan Kurban, PenyuluhanAbstract
Variabel yang berkontribusi terhadap keputusan masyarakat dalam memilih hewan kurban menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian. Kajian tersebut, dilakukan dari April hingga Juni 2022 di Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih hewan kurban. Kajian ini menerapkan metode analisis regresi linear berganda, sebuah teknik statistik yang digunakan untuk memprediksi variabel dependen berdasarkan dua atau lebih variabel independen, dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena yang sedang diteliti secara detail dan mendalam. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner, dengan 160 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Kajian ini mengidentifikasi empat variabel independen: faktor harga (X1), faktor kelompok referensi (X2), faktor produk (hewan kurban) (X3), dan faktor religiusitas (X4). Hasil analisis simultan menunjukkan bahwa variabel independen ini berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dalam memilih hewan kurban, dengan nilai konstanta positif. Efektivitas penyuluhan mencapai 74,70%, yang dikategorikan sebagai efektif. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan hewan kurban, yang berkontribusi pada pemahaman tentang perilaku konsumen dalam praktik religius. Temuan dari penelitian ini, dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi promosi hewan kurban yang efektif dan tepat sasaran. Dengan memahami dan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, strategi promosi dapat dirancang untuk menjangkau dan menarik minat masyarakat secara lebih efisien dan efektif.