ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KEDAI LOMILK CV. RUMAH DANGKE
Analysis of Lomilk Café Product Marketing Strategy at CV. Rumah Dangke
DOI:
https://doi.org/10.52625/j-agr-sosekpenyuluhan.v20i2.415Keywords:
Kedai Lomilk, Pemasaran, Strategi, SWOTAbstract
Era persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci keberhasilan bagi banyak perusahaan. Kedai Lomilk, sebagai penyedia susu murni lokal, dihadapkan pada berbagai tantangan dan peluang yang perlu dikelola dengan baik untuk memastikan kelangsungan bisnis dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi-strategi yang harus dilakukan kedai lomilk dalam melaksanakan pemasaran produk yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dengan mengidentifikasi terlebih dahulu poin-poin Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), Threats (Ancaman). Kemudian mengelompokkannya kedalam faktor internal dan faktor eksternal menentukan nilai bobot, rating dan skor, lalu nilai dari faktor internal dan eksternal dimasukkan kedalam diagram cartesius untuk mengetahui dimana posisi perusahaan dan strategi apa yang harus diambil kedai Lomilk. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan utama yaitu Kedai Lomilk sebagai penyedia susu murni lokal, sedangkan faktor intenal yang menjadi kelemahan utama adalah daya saing antara pedagang minuman kekinian yang sangat ketat. Untuk faktor eksternal yang menjadi peluang utama adalah perkembangan media social yang bisa dikembangkan menjadi media promosi, sedangkan faktor eksternal yang menjadi ancaman utama adalah persaingan antara pedagang susu murni. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi Kedai Lomilk dan kedai sejenis dalam mengembangkan pendekatan pemasaran yang lebih efektif dan adaptif terhadap dinamika pasar.